Sabtu, 13 Desember 2008

Tips Optimalkan Bensin Mu!

Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan pada saat membeli bensin di SPBU, untuk mengoptimalisasikan penggunaan bensin anda. Beberapa diantaranya:

1. Membeli/mengisi bensin saat pagi hari sebelum tangki SPBU panas terkena sinar matahari. Sehingga bensin yang kita dapatkan akan lebih padat, karena bensin mudah memuai bila terkena panas artinya volume yang terbaca pada meteran akan lebih besar daripada yang sebenarnya. Di dunia aviasi, ada kompensasi BBM bila ada perubahan suhu. Namun tidak di SPBU.

2. Usahakan tidak mengisi dengan mengatur bukaan nozzle secara FAST mode alias bukaannya ditekan sampai posisi paling dalam. Sebenarnya ada 3 level bukaan nozzle: slow, medium dan Fast. Semua selang di pom bensin punya vapor return (artinya kira2: jalan kembali bagi uap bensin). Kalau kita setting ke FAST mode, maka sebagian dari bensin (yang berbentuk cair) akan berubah menjadi vapor (uap) dan akan tersedot balik ke tangki penyimpanan, jadinya bensin yang masuk ke mobil/motor kita lebih sedikit dari yang tertera di meteran.Walaupun agak impossible, karena isi bensin disini gak self service, paling tidak kita tau kemana larinya bensin kita kalau tuangkan dengan bukaan nozzle FAST mode.

3. Biasakan mengisi bensin saat tangki masih setengah penuh.Tangki yang kosong akan dipenuhi udara, sementara bensin mudah sekali menguap. Sehingga volume bensin yang ada dalam tangki kendaraan tidak lagi padat.

4. Tidak mengisi pada saat pom bensin sedang diisi dari truk pengisian. Volume bensin yang masuk ke kendaraan mungkin bercampur dengan kotoran dari tangki penyimpanan pom bensin karena teraduk.

Mudah-mudahan dengan menjalankan beberapa tips di atas dapat membantu kita untuk melakukan optimalisasi penggunaan bensin, sehingga setiap tetesnya akan manjadi berharga dan tidak terbuang percuma.

*dari beragam sumber

Tidak ada komentar: